Powered by Blogger.

bidvertiser

Teori Kebidanan 3 Ela Joy Lehrman

Posted by Ilmu Kebidanan



                     TEORI ELA JOY LERHMAN
v  Cakupan yg dibeankan smakin luas                          Dlm teori ini Lerhman ingin agar bidan dpt melihat semua aspek praktik  m’berikan asuhan pd wnt hml & m’beri p’tolongan pd p’salinan.
v  Lehrman dan koleganya ingin menjelaskan perbedaan antara pengalaman seorang wanita dg kemampuan bidan utk mengaplikasikan konsep kebidanan dlm praktik
*     Lehrman mengidentifikasi 8 komponen penting dlm falsafah yg saling mempengaruhi dlm yan antenatal :
  1. Asuhan yg b’kesinambungan (terus-menerus/berkelanjutan)
  2. Klg sbg pusat asuhan
  3. Pddkan & konseling mrpk bag dr asuhan
  4. Tdk ada intervensi (rencana/ perlakuan) dlm asuhan
  5. Fleksibilitas (keluwesan) dlm asuhan
  6. Keterlibatan klien (perawatan yg bersifat partisipatif)
  7. Advokasi /pembelaan konsumen (klien)
  8. Waktu
                ke - 8 komponen yg dibuat oleh Lehrman ini kmd diuji cobakan oleh Morter (1991) pd pasien / klien post partum
                Asuhan Partisipative
                Bidan dpt melibatkan klien dlm p’kajian, evaluasi & perencanaan. Pasien ikut b’tgjwb/ ambil bagian dlm yan antenatal.
                ex: Px Antenatal    Pddk ttg Laktasi
                                                                                                Persiapan p’salinan
                                                                                                Senam hamil
                dari 8 komponen Lerhman, ditambah 3 komponen o/ Morten y/ :
  1. Teknik terapeutik
                proses komunikasi sangat b’manfaat dlm proses p’kembangan & penyembuhan (Ex: sikap m’dengarkan aktif, m’kaji, klarifikasi masalah, humor,sikap yg tdk menuduh,mengakui kesalahan, m’fasilitasi, p’berian ijin/ hak klien)
  1. Empowerman (p’berdayaan)
                s/ proses m’beri kekuasaan & kekuatan. Bidan mll penampilan, pendekatannya akan meningkatkan kemampuan pasien dlm mengoreksi, memvalidasi, menilai&memberi dukungan.
  1. Lateral relationship (Hubungan dg sesama)
                m’jalin hub baik dg klien, b’sikap t’buka, sejln dg klien, shg ant bidan & klien nampak akrab/ sling percaya. Ex: empati /berbagi pengalaman.             


Related Post



Post a Comment